Site Loader

Timnas U 19 Indonesia besutan manajer sekaligus pelatih Shin Tae yong kini memiliki empat nama pemain keturunan dalam skuat Garuda Muda. Dari empat nama tersebut, dua nama sudah lebih dulu mengikuti pemusatan latihan (training center/TC) di Kroasia. Mereka adalah Jack Brown dan Elkan Baggott. Belakangan, pelatihtimnas U 19 Indonesia,Shin Tae yong, juga mengundang dua pemain keturunan Jerman untuk ikut pemusatan latihan (TC) di Kroasia.

Mereka adalah Kelana Noah Mahesa dan Luah Fynn Jeremy Mahesa yang baru tiba di Kroasia pada Minggu (18/10/2020) dan langsung mengikuti sesi latihantimnas U 19 Indonesiapada Senin (19/10/2020). Keduanya merupakanpemain keturunan Indonesia Jerman. Berikut sejumlah fakta tentang pemain keturunan di skuat Timnas U 19 Indonesia:

Kelana Noah Mahesa dan Luah Fynn Jeremy Mahesa merupakan dua wajah baru yang bergabung dengan timnas U19 Indonesia di Kroasia. Mereka diundang langsung oleh juru taktik timnas U19 Indonesia, Shin Tae yong. Melansir laman resmi PSSI, Shin Tae yong memanggil keduanya untuk melihat langsung kemampuan kakak adik keturunan Jerman tersebut. Kelana dan Luah baru bergabung dengan timnas U19 Indonesia pada Minggu (18/10/2020) dan langsung ikut latihan Senin (19/10/2020).

Shin Tae yong langsung memasukkan keduanya dalam daftar pemain kontra Hajduk Split. Kelana Noah Mahesa menjadi starter sebelum digantikan Jack Brown pada babak kedua. Sementara itu, Luah Mahesa menggantikan Irfan Jauhari.

Keduanya juga ternyata pernah menjalani trial di klub Liga 1, Persela Lamongan, pada Agustus 2019 lalu. Sehari setelahnya kedua pemain tersebut langsung ikut dalam program latihan Shin Tae yong. Pada Selasa (20/10/2020). Kelana dan Luah dipercaya oleh Shin Tae yong untuk bermain di lapangan membela timnas U 19 Indonesia melawan Hajduk Split.

Dalam laga yang terlaksana di Stadion Mravirnce, Split, Kroasia ini Kelana turun lebih dahulu ke lapangan. Kehadirannya di lini tengah timnas U 19 Indonesia pun cukup berikan dampak positif, Selama Kelana bermain, Garuda Nusantara sukses ungguli Hajduk Split 3 0.

Pada menit ke 67 Kelana harus digantikan oleh David Maulana. Di waktu yang sama pula, giliran Luah masuk ke lapangan dan menjalani debutnya. Tak kalah dengan Kelana, Luah juga cukup tampil apik.

Kehadiran Luah berhasil membantu timnas U 19 Indonesia mempertahankan keunggulannya. Bahkan di waktu yang tersisa, timnas U 19 Indonesia menambah golnya dan mengakhiri pertandingan dengan kemenangan telak atas Hajduk Split 4 0. Empat gol timnas U 19 Indonesia dicetak oleh Bagas Kaffa (19'), Pratama Arhan (48' penalti), Beckham Putra (53' penalti), dan Jack Brown (78').

Hasil bagus tersebut pun membuat Shin Tae yong merasa senang. Pelatih asal Korea ini mengakui para pemainnya telah bermain bagus. Khusus untuk Kelana dan Luah, Shin Tae yong juga memberikan pujiannya.

Lebih lanjut Shin Tae yong memberikan apresiasi lebih kepada Kelana yang telah tampil sejak awal pertandingan. "Pemain menunjukan performa ciamik pada pertandingan hari ini," kata Shin Tae yong dilansir BolaSport.com dari laman resmi PSSI. "Untuk dua pemain baru yakni Kelana Mahessa dan Luah Mahessa saya rasa mereka bermain cukup baik, terutama Kelana," ujarnya.

Jack Brown kembali dimainkan oleh pelatih Shin Tae yong. Jack Brown masuk dalam daftar pemain cadangan timnas U19 Indonesia kontra Hajduk Split. Dia baru dimainkan pada pertengahan babak kedua. Kendati demikian, kehadirannya langsung membuat lini pertahanan Hajduk Split kerepotan.

Memanfaatkan umpan terobosan, Jack Brown yang diapit dua pemain lawan mampu membobol gawang Hajduk Split pada menit ke 78. Golnya itu mengantarkan timnas U19 Indonesia unggul 4 0 sekaligus memastikan kemenangan Garuda Muda. Selain itu, ini adalah gol ketiga Jack Brown dalam tiga kali penampilannya bersama timnas U19 Indonesia. Dia sebelumnya juga sudah tampil dalam dua laga melawan Makedonia Utara.

Jack Brown sukses melesatkan dua gol dalam kemenangan 4 1 pada Minggu (11/10/2020). Akan tetapi, golnya terhenti pada pertemuan kedua dengan Makedonia Utara yang berakhir imbang. Manajer pelatih Timnas Indonesia U 19, Shin Tae yong terus mencari cara agar menjadikan skuat Timnas U 19 semakin padu dan berkualitas sebelum tampil di Piala Asia U 19 dan Piala Dunia U 20 2021. Terbaru, pelatih asal Korea Selatan itu memanggil pemain kakak beradik keturunan Jerman Indonesia untuk mengikuti pemusatan latihan di Kroasia.

Kedua pemain tersebut yakni Kelana Noah Mahesa dan Luah Fyn Jeremy Mahesa. “Ya saya mengundang dua pemain ini untuk datang ke Kroasia karena saya ingin melihat langsung kualitas mereka. Pertimbangan mendatangkan dua pemain ini ke Kroasia karena jarak dari negara mereka (Jerman) tidak terlalu jauh kesini,” kata Shin Tae yong seperti dikutip dari laman PSSI, Selasa (20/10/2020). Semenjak menjalani TC pada akhir Agustus lalu, Shin Tae yong mengakui dirinya sudah mengantongi nama nama yang tepat untuk terus memperkuat Timnas U 19.

Untuk mengisi kekosongan atau lini yang dianggapnya kurang, Shin Tae yong pun membuka kesempatan untuk pemain lainnya bisa masuk. “Ada sejumlah pemain keturunan yang saya ingin lihat langsung kemampuannya, namun baru dua pemain ini yang bisa ke Kroasia. Mungkin saja kami akan panggil saat pemusatan latihan (TC) selanjutnya sambil menunggu perkembangan,” jelas Shin Tae yong. Sementara itu, Kelasa Noah mengaku sangat senang bisa mendapatkan undangan bisa mengikuti latihan di Kroasia.

Ia pun berharap Shin Tae yong senang dengan cara mainnya dan bisa masuk skuat Timnas U 19. “Saya sangat senang mendapat undangan dari pelatih Shin Tae yong untuk mengikuti latihan bersama timnas U 19 di TC Kroasia. Saya ingin menjadi bagian dari tim ini, ini tidak mudah namun saya akan berjuang,” Kelana Noah. Kelana Noah Mahesa kelahiran 30 Januari 2001 dan Luah Fynn Jeremy Mahesa lahir pada 30 Juli 2002. Pada bulan Agustus 2019 lalu, dua pemain ini pernah mengikuti latihan bersama klub Persela Lamongan.

Setelah menjalani TC di Kroasia, Garuda Muda diagendakan kembali ke Indonesia pada 28 Oktober. Mereka kembali ke klub masing masing dan setelah itu kembali menjalani pemusatan latihan di Perancis. Shin Tae yong kembali memberikan kesempatan bagi pemain keturunan untuk mengenakan seragam Merah Putih dengan lambang Garuda di dada. Kali ini, dua pemain keturunan Indonesia Jerman yang mendapatkan panggilan dari Shin Tae yong untuk memperkuat timnas U 19 Indonesia.

Dua pemain tersebut adalah Kelana Noah Mahesa (30 Januari 2001) dan Luah Fynn Jeremy Mahesa (30 Juli 2002) Kelana Noah Mahesa dan Luah Fynn Jeremy Mahesa telah berada di Kroasia sejak Minggu (18/10/2020). Kelana dan Luah juga telah mengikuti latihan bersama timnas U 19 Indonesia pada Senin (19/10/2020).

Keduanya pun sudah mendapatkan kesempatan tampil perdana bersama timnas U 19 Indonesia di laga uji coba melawan Hajduk Split, Selasa (20/10/2020). Di laga tersebut, Kelana diturunkan sejak menit awal babak pertama. Kemudian, Luah baru mendapatkan kesempatan tampil saat laga sudah memasuki babak kedua.

Pada laga tersebut, timnas U 19 Indonesia berhasil meraih kemenangan 4 0 atas Hajduk Split. Keduanya memiliki darah Indonesia dari sang ayah, Rully Mahesa yang berasal dari Sukabumi, Jawa Barat Kehadiran Kelana dan Luah di timnas U 19 Indonesia pastinya membuat publik penasaran dengan profil mereka berdua.

Kemudian, pada pertengahan tahun 2017 tepatnya bulan Juli, Kelana berpindah ke Viktoria Koln U 17. Lalu, pada bulan Juli 2018, ia bergabung dengan Bornerr SC U 19. Di tahun 2020, Kelana pun dipromosikan ke tim senior Bornerr SC.

Bornerr SC saat ini berlaga di Regionalliga Westyang merupakan kasta keempat kompetisi Jerman. Terkait untuk informasi mengenai Luah masih minim untuk didapatkan di jejaring internet. Sekadar mengingatkan, Kelana dan Luah pernah mengikuti trial di Persela Lamongan pada Agustus 2020.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *