Site Loader

Zat besi memiliki peranan yang penting bagi kesehatan, terlebih untuk beberapa usia tertentu. Pada anak, zat besi berfungsi sangat krusial demi menunjang pertumbuhan dan perkembangannya di usia lanjutan. Zat besi juga harus terpenuhi dengan cukup agar anak tidak mengalami anemia. Lantas apa saja kebutuhan zat besi anak 1 tahun?

Takaran Kebutuhan Zat Besi pada Usia Anak-anak

  1. Bayi berusia 0-6 bulan membutuhkan 0,3 mg zat besi di setiap harinya (terpenuhi melalui pemberian ASI eksklusif).
  2. Balita berusia 7-11 bulan membutuhkan 7-11 mg zat besi di setiap harinya
  3. Batita berusia 1-3 tahun membutuhkan 7 mg zat besi di setiap harinya

Rekomendasi Sumber Zat Besi untuk Anak

  1. Daging sapi, ayam, dan ikan
  2. Telur dan hati ayam maupun sapi
  3. Sumber protein berupa kacangan-kacangan, seperti kedelai dan kacang merah
  4. Sayur mayur seperti bayam dan brokoli
  5. Oatmeal dan bahan pangan dengan fortifikasi (tambahan) zat besi
  6. Lauk nabati seperti tahu dan tempe

Tips Memenuhi Kandungan Zat Besi pada Anak

Memberikan Asupan Makanan dengan Kandungan Vitamin C

Vitamin C berguna untuk memaksimalkan penyerapan zat besi. Anda bisa memberikan beberapa makanan yang mengandung vitamin C, seperti jeruk, pepaya, dan tomat. Pastikan kandungan vitamin tersebut berguna sebagai pelengkap MPASI.

Bijak dalam Mengatur Pemberian Makanan Mengandung Zat Besi

Jangan memberikan makanan yang mengandung zat besi bersamaan dengan susu maupun teh. Susu memiliki kandungan kalsium tinggi yang berisiko menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh. Sementara itu, teh mengandung tanin yang memiliki efek serupa berupa penghambatan penyerapan zat besi. Anda bisa memberikan susu maupun teh kepada si kecil di luar waktu makannya agar lebih aman.

Memberikan Suplemen Tambahan jika Diperlukan

Apabila diperlukan, Anda bisa memberikan zat besi tambahan kepada si kecil. Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Pemberian zat besi tambahan diperuntukan bagi anak yang mengalami defisiensi (kekurangan) zat besi.

Pertumbuhan dan perkembangan anak di usia 1 tahun merupakan usia yang riskan. Anak perlu dicukupi kebutuhannya agar dapat tumbuh dan berkembang secara maksimal dan sehat. Informasi mengenai apa saja kebutuhan zat besi anak 1 tahun? perlu Anda ketahui sebagai panduan untuk memahami kebutuhan penting si kecil sedari awal.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.