Site Loader

Mendidik anak usia dini bukanlah perkara mudah karena anak masih belum bisa mengerti banyak hal. Setiap anak punya keunikan masing-masing dan ketika diarahkan, didikan yang salah pasti akan ditolak oleh anak. Anda bisa mengikuti beberapa cara mendidik anak usia dini berikut ini.

1. Berikan Pemahaman Anda Menyayanginya

Hal pertama yang terlihat sepele tetapi tidak mudah untuk diwujudkan adalah memberikan pemahaman bahwa Anda menyayanginya. Mengekspresikan rasa sayang pada anak sedikit berbeda dari orang dewasa, harus dengan tindakan langsung. Menunjukkan kasih sayang bisa dimulai dengan perilaku tidak otoriter, tidak marah-marah, atau ucapan sayang sebelum tidur.

2. Biasakan Bersikap Jujur

Berkata dan bersikap jujur memang bukan perkara mudah tetapi ini perlu diaplikasikan sejak dini. Anda perlu melatih anak untuk jujur akan setiap tindakan dan perkataannya supaya sikap ini akan terbawa hingga kelak. Orang tua juga harus memberikan contoh sikap jujur agar anak menirunya.

3. Tumbuhkan Sifat Saling Menghargai

Saat masih kecil, interaksi anak dengan sesamanya masih terbatas dan ini adalah kesempatan terbaik untuk melatih anak saling menghargai. Anda bisa melatih anak untuk mulai menghargai orang di sekitar seperti nenek atau bahkan kakaknya. 

4. Tumbuhkan Rasa Tanggung Jawab

Selanjutnya, didik anak untuk memiliki rasa tanggung jawab sedari kecil dimulai dari hal-hal sederhana. Hal ini penting supaya anak bisa menyadari bahwa Ia harus bertanggung jawab terhadap sesuatu kelak. Menumbuhkan tanggung jawab bisa dilatih dengan cara mengajari anak membersihkan mainannya sendiri setelah bermain.

 5. Ajari Bersikap Sopan

Sikap sopan adalah sikap paling penting saat ini dan kesopanan pada anak sering menjadi cerminan dari orang tua. Sopan pada anak harus dimulai dari lingkungan keluarga terlebih dulu baik itu sopan pada Ayah, Ibu, Kakak, hingga Nenek. Melatih kesopanan ini bisa dimulai dengan membiasakan anak untuk berkata maaf, tolong, dan terimakasih.

Setiap orang tua pasti memiliki cara mendidik anak versi mereka sendiri. Hal paling penting dari keluarga adalah memberikan pemahaman pada anak bahwa setiap perilaku pasti akan ada konsekuensinya. Saat ini, penting juga untuk mulai melatih anak agar peduli pada lingkungan.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *