Site Loader

Salah satu hal yang cukup challenging bagi para pengusaha pemula adalah mengatur keuangan. Pengelolaan keuangan sendiri merupakan hal yang krusial, karena dengan efektifnya pengelolaan keuangan maka usaha yang sukses akan bisa diwujudkan. Agar gak gagal dalam mengelolanya, Anda bisa simak 4 cara mengatur keuangan usaha yang mudah di bawah ini.

1.   Pisahkan Rekening Usaha dengan Rekening Pribadi

Mulailah mengelola keuangan usaha Anda dengan memisahkan antara rekening keuangan saha dengan rekening keuangan pribadi. Dengan adanya rekening usaha tersendiri, maka Anda akan bisa mengetahui dengan pasti arus uang masuk dan uang keluar pada usaha yang dijalankan. Keuntungan dan kerugian pun akan mudah ditaksir dengan adanya rekening tersendiri ini.

2.   Catat Pemasukan dan Pengeluaran dengan Rinci

Cara mengatur keuangan usaha yang mudah selanjutnya adalah dengan mencatat pemasukan dan pengeluaran usaha dengan rinci. Berapa pun nilainya pemasukan dan pengeluaran tersebut, Anda harus pastikan kalau itu tercatat di buku kas. Dengan adanya catatan pemasukan dan pengeluaran usaha ini, kesalahan penghitungan di akhir periode usaha nantinya akan bisa dihindari.

3.   Atur Budgeting

Mengatur bujet atau anggaran begitu krusial bagi usaha yang Anda jalankan. Anggaran yang direncanakan dengan sedemikian rupa akan bisa mengoptimalkan usaha yang dijalankan, karena akan membuat Anda tahu berapa modal yang dibutuhkan, serta bagaimana pemanfaatannya nanti. Anda bisa rencanakan anggaran untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

4.   Manfaatkan Aplikasi Pembukuan

Mudahnya mengatur keuangan usaha sekarang ini dibantu dengan adanya aplikasi pembukuan atau kas digital. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membuat laporan arus kas dengan mudah, cepat, otomatis, dan real time. Jadi, gak perlu menghabiskan banyak waktu lagi untuk menyusun laporan keuangan usaha yang dijalankan tersebut.

Itulah tadi 4 cara mengatur keuangan usaha yang mudah, yang sangat pas untuk digunakan oleh para wirausahawan muda. Keuangan usaha yang terkelola dengan baik merupakan kunci dari efektifnya usaha yang dijalankan. Maka dari itu, jika ingin usaha yang dijalankan bisa menghasilkan hal yang diinginkan, pastikan Anda mengatur keuangan usaha tersebut dengan optimal.

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *